Tingginya kebutuhan akan pelaut dan awak kapal kompeten memunculkan begitu banyak lembaga pendidikan dan pelatihan (diklat) kepelautan yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Namun, banyak di antaranya yang belum memenuhi standar mutu yang berlaku. Guna mengatasinya, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah meluncurkan Komite Pengesahan (Approval) Program Diklat Keahlian dan Keterampilan Khusus Pelaut Kapal Penangkap Ikan.

Pada Kamis (4/3), KKP melalui Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) menyelenggarakan sosialisasi keberadaan komite ini kepada lembaga pendidikan dan pelatihan pelaut kapal penangkap ikan di Medan, Sumatera Utara.

Kepala BRSDM Sjarief Widjaja menjelaskan, Komite Approval ini merupakan suatu lembaga independen berisi sejumlah ahli (pool of expert) yang menjamin mutu dari lembaga-lembaga diklat kepelautan yang ada di seluruh Indonesia.

Pembentukan Komite Approval sesuai dengan Permen KP No. 07 Tahun 2011 tentang Sistem Standar Mutu Diklat, Ujian, serta Sertifikasi Pelaut Kapal Penangkap Ikan dan Peraturan Kepala BPSDMKP No. 54 tahun 2012 tentang Kelembagaan dan Akreditasi Diklat Pelaut Kapal Penangkap Ikan.

“Komite ini mempunyai peranan yang sangat strategis sebagai lembaga penjamin mutu (quality assurance) yang dibentuk oleh pemerintah yang bertugas untuk melakukan suatu pembinaan, bimbingan, penguatan, dan akreditasi dari lembaga-lembaga pelatihan di luar pemerintah pusat,” jelasnya.

Kehadiran Komite Approval diharapkan dapat menjawab kebutuhan akan lembaga diklat kepelautan bermutu yang mencetak pelaut dan awak kapal penangkap ikan kompeten sehingga dapat mengelola sumber daya kelautan dan perikanan Indonesia, bahkan dunia, secara optimal dan lestari serta mendatangkan devisa bagi negara. Dalam kesempatan ini, BRSDM sekaligus menyelenggarakan ‘Sosialisasi Penerapan 9 Peraturan Kepala BRSDM tentang Standar Mutu (QSS) Penyelenggaran Diklat Pelaut Kapal Penangkap Ikan (ANKAPIN dan ATKAPIN Tingkat I, II, dan III serta Diklat Rating dan SKN)’.

Hadir 80 orang perwakilan dari politeknik KP dan SUPM/SMK; lembaga diklat pelaut kapal penangkap ikan di seluruh wilayah Sumatera; guru, dosen, dan instruktur di bidang nautika dan teknik; Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan di Kab/Kota Medan; Kepala Dinas Pendidikan di Kab/Kota Medan; Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera Belawan; dan Komite Approval Program Diklat keahlian & Keterampilan Pelaut Kapin.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *